Hari raya, hari dimana umat Muslim dunia merayakan kemenangan setelah menempuh puasa sebulan lamanya sambil membersihkan diri. Tua & muda semua bersuka cita dan saling memaafkan di bulan ini, momen maaf memaafkan adalah hal yang paling ditunggu dengan keluarga, sanak saudara & kerabat tidak hanya di tempat tinggal tapi juga di kota kelahiran kita. Tapi selain sukacita ada juga belanja yang harus dialokasikan menuju bulan Ramadhan demi tenangnya kita meninggalkan rumah menuju kampung halaman. Berikut ini Pinjam.co.id akan memberikan catatan 5 belanja yang harus dialokasikan menuju bulan Ramadhan.

1.Pulang kampung/mudik

Pulang kampung atau yang biasa kita kenal dengan kata mudik hamper menjadi kewajiban bagi masyarakat Indonesia apalagi yang bekerja di kota-kota besar di seluruh penjuru Indonesia. Untuk yang memiliki kampung halaman dekat dengan tempat berdomisilinya sekarang mereka akan menyiapkan pulang kampungnya mulai dari H-3, tapi bagaimana dengan yang bekerja di Jakarta tapi harus pulang kampung ke Surabaya? Tentu saja harus membeli tiket pesawat, kereta ataupun bus yang sudah mulai dijual dari seminggu sebelum bulan puasa belum lagi ditambah melambungnya harga tiket. Sisihkan gaji kita sebelum datangnya hari Libur dan belilah tiket untuk kita dan keluarga daripada kita harus menunggu THR dan menggantungkan harapan pada ketersediaan kursi untuk bertemu sanak saudara di kampung. Itulah belanja yang harus dialokasikan menuju bulan Ramadhan yang pertama yuk lanjut.

2.Baju baru

Belanja yang harus dialokasikan menuju bulan Ramadhan yang kedua adalah “Lebaran takan lengkap tanpa baju baru” merupakan ungkapan yang paling lekat dengan suasana Idu Fitri. Semua pusat perbelanjaan akan menghambur-hamburkan promosi serta diskon yang begitu menarik mata untuk menghabiskan uang demi tampilan bagus saat Idul Fitri. Tapi sebaiknya persiapkanlah catatan apa yang akan kita inginkan, jangan sampai kita gelap mata saat belanja pakaian untuk keluarga sampai menghabiskan dana lain yang telah kita persiapkan.

3.Menu lebaran

Belanja tidak akan pernah ada habisnya saat ingin merayakan Idul Fitri, maka catatlah segala hal yang perlu kita belanjakan. Idul Fitri pastinya takan lengkap tanpa kue, kacang, minuman ringan dan hidangan ketupat beserta kelengkapannya seperti rendang, gulai ataupun opor ayam yang sudah pasti haragnya melonjak bersamaan dengan bulan Ramadhan. Tapi hal itu bisa diakali dengan menyiapkan satu jenis saja hanya untuk keluarga di rumah karena umumnya pada hari pertama Lebaran kita akan pergi ke tempat orangtua ataupun saudara yang lebih tua. inilah poin keempat belanja yang harus dialokasikan menuju bulan Ramadhan.

4.THR

THR merupakan bonus yang pasti ditunggu semua orang saat datangnya Idul Fitri, tapi perlu kita ingat bahwa selain kita yang menunggu juga ada karyawan yang menunggu THR dari kita baik asisten rumah tangga, supir, tukang kebun dan bahkan sepupu yang masih dalam umur sekolah. Juga THR yang akan kita bagikan pada kakek nenek sambil bersujud meminta maaf kepada mereka, memang tidak semua budaya menjalankan hal ini tapi ada baiknya kita mempersiapkan hal tersebut. Selain itu juga kita harus mempersiapkan dana untuk zakat, infaq & sodaqoh yang merupakan kewajiban kita sebagai umat Muslim. Demikian 5 belanja yang harus dialokasikan menuju bulan Ramadhan

Bagaimana apakah alokasi dana kita sudah cukup dengan perhitungan di atas? Ada baiknya hitung kembali dan alokasikan kembali jika terdapat kekurangan pada anggaran kita, tapi apabila dana tersebut tidak dapat diganggu kita dapat memanfaatkan www.kreditjaminanbpkb.com sebagai solusi dana cepat dan aman.